Istilah "kualitas" memiliki arti relatif. kualitas bisa diartikan sebagai keseluruhan
karakteristik produk dan jasa yang meliputi marketing, engineering, manufacture
, dan maintenance, dimana produk dan jasa tersebut dalam pemakaianya akan
sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Dalam standard ISO
definisi quality ( kualitas ) adalah Totalitas fitur dan karakteristik dari
suatu produk atau jasa yang ditentukan pada kemampuannya untuk memberikan
kepuasan dalam memenuhi sebuah kebutuhan yang di persyaratkan". Dengan
kata sederhana, dapat dikatakan bahwa produk memiliki kualitas yang baik ketika
sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Client. Bila diproyeksikan pada
pekerjaan analitis, kualitas dapat didefinisikan sebagai pengiriman informasi
yang dapat dipercaya dalam suatu rentang waktu yang disepakati dalam kondisi
yang disepakati, dengan biaya yang disepakati, dan dengan maintenance yang
diperlukan. Yang dimaksud dengan kondisi yang disepakati, harus mencakup
spesifikasi untuk ketepatan dan keakuratan data yang berhubungan langsung
dengan kesesuaian penggunaan dan yang mungkin berbeda untuk aplikasi yang
berbeda. Banyak perusahaan yang tidak mampu mengevaluasi dan menjelaskan
kualitas produk secara detail yang dihasilkan dikarenakan tidak adanya prosedur
baku yang digunakan dalam proses bisnisnya dalam menghasilkan sebuah produk.