Tentang SOP - Sistem Operating Procedure
Hampir seluruh perusahaan menyadari arti penting dari standard operating procedure (SOP-prosedur). Secara umum fungsi SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / procedure perusahan, bukan hanya sebagai alat control tapi juga sebagai alat untuk menjaga konsistensi dari kualitas output perusahaan. standard operating procedure (SOP -prosedur) harus mampu menjadi alur bagi jalanya perusahaan (how to do) dan bukan sebagai pengalang atau penghambat system manajemen perusahaan. Oleh karena itu design SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / procedure perusahan tidak bisa sembarangan karena harus dilihat tingkat fleksibilitas dan control perusahaan. Untuk Konsultasi SOP atau sistem prosedur, Kami mendesing sop berdasakan kebutuhan dari perusahaan dan jenis perusahaan. oleh karena itu SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / SOP di masing-masing perusahaan akan sangat berbeda dan sangat tailor made. Pembuatan SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / procedure perusahan di bidang usaha manufacture atau jasa akan berbeda bahkan SOPP di perusahaan dengan industry yang sama bisa saja memiliki SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / procedure perusahan yang berbeda. Hal ini bisa dipengaruhi karena budaya kerja, system kerja, jumlah karyawan dan banyak factor lainnnya.
Umumnya perusahaan memiliki divisi untuk masing-masing SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / procedure perusahan sebagai berikut :
- Departemen HRD & GA
- Departemen Finance & Accounting
- Departemen Marketing
- Departemen Purchasing (logistic)
- Departemen Produksi
- Departemen Operasional
Suatu perusahaan bisa saja memiliki SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / procedure perusahan yang terlalu menggelembung dan banyak. Hal ini akan berakibat negative bagi perusahaan dan karyawan disebabkan besarnya SOP akan membengkaknya organisasi. Padahal dalam sisi lain perusahaan ingin adanya efisiensi dan efektivitas. Tidak berjalannya system SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / procedure perusahan secara baik disebabkan beberapa hal, diantaranya:
- Tidak bagusnya konsultan atau perusahaan dalam mendesign dan mendefinisikan bisnis perusahaan
- Tidak memiliki pengalaman dalam mendesign SOP yang efisien dan efektif
- Tidak memahami bisnis proses departemen
- Tidak adanya komitmen untuk menciptakan struktur organisasi dan sop yang efisien dan efektif dari manajemen perusahaan, Dan masih banyak faktor lain.
Kami adalah perusahaan konsultan dan training manajemen. Berfokus pada perkembangan bisnis pelanggan, Kami memiliki beberapa divisi konsultasi dan training manajemen.
Kami memiliki pengalaman untuk mendesign SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / procedure perusahan mulai dari perusahaan manufacture, jasa, trading, engineering, retail dll dengan mengacu sistem standard internasioanl ISO 9001.
- sistem prosedur (SOP ) HRD
- sistem prosedur (SOP ) Akuntansi Finance
- sistem prosedur (SOP ) Operasional
- sistem prosedur (SOP ) Marketing dan Sales
- sistem prosedur (SOP ) General Affair (GA)
- sistem prosedur (SOP ) Produksi, dll
Hal-hal positif yang dapat dirasakan dengan sudah adanya SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure / procedure perusahan diantaranya :
- Adanya Standard dan prosedur yang Jelas, Perusahaan memiliki standard operasional yang baku. Dengan adanya prosedur yang jelas dan baku akan lebih lancar aktivitas karyawan semua bagian karena setiap karyawan menjalankan fungsinya masing-masing dan mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tanggungjawabnya.
- Dokumen yang digunakan sudah Standard, sehingga memudahkan setiap karyawan untuk mengingatnya. Terutama bila perusahaan tersebut besar dan memiliki banyak anak perusahaan kemungkinan seorang karyawan yang dimutasi akan mudah untuk beradaptasi.
- Memudahkan dalam mengontrol system ataupun mengetahui jika terjadi kebocoran di perusahaan ataupun untuk menganalisa titik lemah dari perusahaan untuk menjadi bahan koreksi kembali.
- Administrasi perusahaan yang lebih rapih.
- Langkah kedepannya akan mempermudah perusahaan dalam memperoleh ISO (International Organization for Standarization)
Sistem konsultasi SOP/ sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure kami beri maintenance sistem dimana perusahan akan kami dampingi hingga sistem SOP/ sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure yang kami design bisa diterapkan di perusahaan dan berjalan. Idealnya SOP / sistem Prosedur / Sistem Operating Procedure ditangani oleh suatu department sendiri yang khusus menangani masalah ini atau digabung dengan audit internal. Setidaknya jika perusahaan tidak memiliki department sendiri bisa dilakukan oleh tim SOP yang bertugas menjaga sistem ini bisa berjalan sesuai dengan hal jadi standard perusahaan.
Ada beberapa tahap dimana perusahaan bisa membuat SOP. Ini adalah langkah-langkah sederhana yang bisa dijalankan:
- Pemetaan Bisnis Proses.
- Pemetaan ini dilakukan di tingkat department dan perusahaan sehingga akan memudahkan hubungan antar departemen dalam perusahaan maupun hubungan dalam department itu sendiri.
- Lakukan interview terhadap key person di departmen untuk mendapatkan informasi yang lengkap.
- Pembuatan Design SOP. Bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan konsultan
- Implementasi SOP . SOP yang sudah dibuat diimplementasikan di masing-masing department kemudian diminta feed back untuk melihat efektivitas dari SOP yang dibuat.
- Review SOP. Hasil dari implementasi SOP kemudian di review ulang untuk mendapatkan SOP yang pas untuk perusahaan. Ingat masing-masing perusahaan pasti akan berbeda SOP nya meski dalam industri yang sama.
- Keberhasilan penerapan SOP sangat tergantung dari Komitment manajemen dan karyawan untuk menjalankan SOP yang sudah dibentuk. Tanpa komitment sia-sia saja Anda membuang waktu dan biaya dalam membuat SOP.
Jika perusahaan anda membutuhkan jasa Konsultan yang handal & berpengalaman untuk membuat SOP dengan biaya yang terjangkau hub :
Bp.Yoyo Subagyo / Hp. 08159767636 , WA. : 0812 9311 1959
0 komentar:
Posting Komentar