Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, SOP, HR Consultant, Business Strategy, ISO

Konsultan Manajemen Bisnis: 2008 Sep 5

ISO 22000 : 2005

ISO 22000 : 2005
SISTEM MANAJEMEN KEAMANAN PANGAN

Perkembangan industri pangan dewasa ini meningkat dengan sangat pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut banyak ditemui masalah yang berkaitan dengan ”food borne illness” atau penyakit yang disebabkan karena makanan. Di negara Eropa dan Amerika, permasalahan ini telah diantisipasi dengan menerbitkan suatu metode untuk melakukan risk analysis / analisa resiko terhadap bahaya yang disebabkan oleh makanan dalam proses penyediaannya. Metode tersebut disebut >HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Points) dan setiap organisasi yang menjual produknya di Eropa dan Amerika, mereka wajib memenuhi persyaratan tersebut. Namun pada kenyataannya, metode ini hanya sekedar berfungsi untuk risk analysis saja. Sedangkan kebutuhan dunia industri pada umumnya dan industri makanan pada khususnya adalah bagaimana meningkatkan produktivitas dari kinerja organisasi sehingga dapat meningkatkan profit margin dan efisiensi organisasi. Tentunya tidak lepas dari bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan. Memang ada solusinya, yaitu dengan menerapkan ISO 9001:2000. Namun adanya dua sistem yang saling terpisah di dalam satu tubuh organisasi tentunya menyulitkan bagi organisasi dalam memelihara kedua sistem tersebut. Berdasarkan kebutuhan ini, dunia international sepakat untuk menerbitkan satu sistem baru yang mencakup HACCP dan ISO 9001 serta beberapa sistem lain yang sejenis dari standard berbagai negara di Eropa dan Amerika. Ini juga menjadi solusi bagi banyak industri yang melakukan eksport ke Eropa dan Amerika dimana selama ini mereka menghadapi banyak persyaratan dari berbagai negara yang masing-masing menetapkan persyaratan sesuai dengan kebutuhan negaranya. Sistem tersebut adalah ISO 22000:2005 yang penyusunannya dimulai sejak Juni 2002 dan diterbitkan pada akhir tahun 2005. Adapun ruang lingkup ISO 22000:2005 lebih luas dari HACCP, dimana ISO 22000:2005 diterapkan pada keseluruhan rantai makanan baik untuk food maupun feed (pakan ternak) dari hulu produk hingga ke hilir produk, mulai dari farm (pertanian / peternakan) hingga makanan siap saji.

ISO 22000:2005 berisi standard / elemen yang memungkinkan organisasi / industri dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan (continual improvement) sekaligus menjamin keamanan produknya untuk dikonsumsi.

Untuk Konsultasi & Informasi HUb.:
YOYO SUBAGYO / HP.08159767636


Bookmark and Share


OHSAS 18001 : 2007

OHSAS 18001 : 2007Rata Penuh
SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA

Perkembangan indutri mempunyai korelasi dengan pekerja, Banyak Industri yang prosesnya berdampak negative terhadap kesehatan dan keselamatan pekerjanya, seperti industry bahan kimia, Jasa Konstruksi, Plastik, Besi baja, dsd. Sejalan dengan hal ini maka industry – industry yang berdampak bagi pekerjanya harus mengelola lingkungan kerjannya agar dapat menurunkan dampak. Sikap kritis dari masyarakat dunia juga mendorong industry yang beresiko ke pekerja untuk menerapkan suatu system pengelolaan yang aman bagi pekerjannya. Latar belakang inilah yang melandasi pembentukan OHSAS 18001 oleh Organisasi Internasonal. OHSAS 18001 di akomodasikan untuk pengendalian operasional proses yang aman bagi pekerja.

Untuk menerapkan system ini dibutuhkan tiga tahapan proses, Sebagai berikut :
1. Tahap Indentifikasi Awal
Analisa / Indentifikasi terhadap tingkat kecukupan terhadap sistem dan fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja di organisasi / industry. Mencakup evaluasi proses di organisasi, pemeriksaan terhadap prosedur yang ada, analisa tingkat kecelakaan pada masa lalu dan peraturan atau perundang-undangan yang berlaku.
2. Tahap Persiapan dan Implementasi
Tahap ini merupakan tahap persiapan dokumen dan program kerja serta pelaksanaan implementasinya. Pada tahap ini ada beberapa elemen yang harus diperhatikan yaitu :
a. Kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja serta kepemimpinannya
b. Organisasi, sumberdaya dan training
c. Pengendalian operasional yang menjadi titik tolak prosedur proses, peraturan kesehatan dan keselamatan kerja dan perijinan di lingkungan kerja.
d. Tujuan dan target dari kesehatan dan keselamatan kerja
e. Panduan system kesehatan dan keselamatan kerja dan dokumentasi
f. Pengendalian operasional yang mencakup pemantauan kesehatan kerja, persiapan proyek, pembelian dan pemasok.
g. Pemeriksaan dan tindakan pencegahan, investigasi dan tindakan perbaikan
h. Tindakan darurat
i. Pengendalian catatan, audit dan tinjauan manajemen.
3. Tahap Penilaian Kinerja Proses
Tahap ini merupakan tahap penilaian terhadap system yang telah diterapkan mencakup penilaian dokumentasi, verifikasi penerapan dan tindakan perbaikan/ pencegahan yang diperlukan.

Keuntungan dari Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan OHSAS 18001 adalah :
1. PErlingdungan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja karyawan
2. Mengurangi resiko kecelakaan
3. Motivasi karyawan lebih tinggi
4. Pengurangan biaya operasi dan biaya kecelakaan kerja
5. Meningkatkan Citra & Image perusahaan
6. Mengurangi Pembayaran asuransi, dll

Untuk info lebih jelas hubungi :
yoyo subagyo
HP. 0815 9767636


Bookmark and Share

ISO 14001 : 2004

ISO 14001 : 2004
SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN

Perkembangan industri dewasa ini telah menyebabkan krisis lingkungan dan energi. Bermula dari dampak industri inilah maka organisasi dan industri dituntut untuk meningkatkan pertanggungjawaban terhadap konservasi lingkungan. Berdasarkan kondisi ini, maka tuntutan peraturan dunia terhadap pertanggungjawaban organisasi dan industri dalam pengelolaan lingkungan menjadi meningkat. Konservasi lingkungan telah menjadi tuntutan dari pelanggan negara maju yang secara sadar melihat pentingnya perlindungan terhadap lingkungan dilaksanakan sejak dini untuk meminimalkan kerusakan lingkungan di masa depan, maka berdasarkana kesepakatan international pada tahun 1996 International Organization for Standardization meluncurkan suatu standard untuk mengelola lingkungan secara professional di dalam organisasi dan industri, standard tersebut disebut Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:1996. Namun melihat perkembangan industri dewasa ini, pada tahun 2003 dilakukan revisi terhadap system tersebut dan diluncurkan pada tahun 2004. Standard tersebut untuk selanjutnya disebut ISO 14001:2004.

ISO 14001:2004 dibangun atas dasar elemen – elemen yang menetapkan :

1. Spesifikasi aspect dan dampak lingkungan
2. Prosedur dan instruksi kerja yang akurat
3. Proses yang konsisten
4. Kesesuaian dengan tujuan dan target organisasi dalam meningkatkan kinerja lingkungan
5. Minimasi limbah
6. Keterkaitan dengan peraturan dan perundangan
7. Konsistensi hasil, kejujuran penerapan dan deskripsi produk yang cermat
8. Evaluasi kinerja
9. Kesehatan dan keselamatan pekerja
10. Komunikasi ke pihak – pihak terkait perlindungan lingkungan

ISO 14001:2004 adalah sistem manajemen yang dinamis, dimana dapat diterapkan bersama system manajemen mutu ISO 9001:2000 dan dapat disesuaikan dengan dengan perubahan organisasi dan industri, perubahan peraturan / perundangan yang berlaku maupun perubahan ilmu dan teknologi.

Keuntungan dari penerapan sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2004 adalah :

1. Perlindungan lingkungan
2. Manajemen lingkungan yang lebih baik
3. Meningkatkan citra dan image perusahaan hubungan yang lebih baik dengan masyarakat sekitar
4. Meningkatkan daya saing perusahaan
5. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan
6. Menekan resiko yang membahayakan lingkungan dan pekerja
7. Menekan biaya produksi

Untuk info lebih jelas hubungi :
yoyo subagyo
HP. 0815 9767636


Bookmark and Share


JASA KONSULTAN ISO JAMINAN MONEYBACK GUARANTEE



Sekilas tentang kami
Beranjak dari Niat yang Iklas, Jujur dan dapat dipercaya kami termotivasi untuk selalu membantu perusahaan – perusahaan tanpa melihat besar/ kecil perusahaan menerapkan system Manajemen yang Efektive & Efisien untuk kepuasan pelangan.

JASA PELAYANAN KONSULTASI & TRAINING :
KONSULTAN ISO 9001 ( System Manajemen Mutu )
KONSULTAN ISO 14001 ( System Manajemen Lingkungan )
KONSULTAN ISO 17025 ( System Manajemen Mutu Laboratorium )
KONSULTAN ISO/TS 16949 ( System Manajemen untuk Otomotive )
KONSULTAN ISO 22000 ( System Manajemen Keamanan Pangan )
KONSULTAN SA 8000 ( Sistem Manajemen Ketenagakerjaan )
KONSULTAN OHSAS 18001 ( System Manajemen K3)
KONSULTAN ISO 13485 ( Manufacturer ALat Bedah )
KONSULTAN ISO 13488 ( Distribusi Alat Bedah )
KONSULTAN HACCP & GMP ( Analisa Keamanan Pangan Industri Pangan )
• FAMI QS ( Makanan ternak supaya tidak berbahaya )
• Human Resources Management
• 5 S ( Seiri Seiton Seiso Seiketsu Shitsuke)
• GKM
• Balance Scorecard
• Six Sigma
• Performance Management
• WRAP (Worldwide Responsible Apparel Production)
• Business Process Reengineering (BPR)
• MOtivasi
• Leadership
• Supervisory
• KPI
• TOT

Keuntungan menggunakan Jasa kami adalah :

1. Jaminan harga yang murah dibanding Konsultan Manajemen Bisnis lainnya
2. Dalam konsultasi ISO, Kami  Konsultan ISO satu -satunya yang berani memberikan Jaminan Kelulusan dan moneyback quarantee tanpa terkecuali yang tertuang dalam kontrak kerja
3. Tidak ada batasan peserta dalam pelaksanaan Training dan training bisa dilaksanakan pada hari libur sesuai keinginan client
4. Semua Dokumentasi sistem  kami yang akan menyusunnya
5. Satu-satunya Konsultan Manajemen Bisnis yang memberikan Audit sistem GRATIS  setelah selesai konsultasi. ( tidak dimiliki Konsultan Manajemen Bisnis lainnya )
6. Jasa Business Consulting Peraih penghargaan ” The Best Improvement Business Consulting Of The Year “ dalam ajang ” Indonesian Improvement Award 2016″
Untuk info lebih lanjut hubungi : 

PT. Arya Sentra Solusindo (Aryasentra Consulting)

Telp: 021 – 2930 5166 ( Hunting )
Hp. 0812 9311 1959

JASA KONSULTAN ISO



Beranjak dari Niat yang Iklas, Jujur dan dapat dipercaya kami termotivasi untuk selalu membantu perusahaan – perusahaan tanpa melihat besar/ kecil perusahaan menerapkan system Manajemen yang Efektive & Efisien untuk kepuasan pelangan.


JASA PELAYANAN KONSULTASI & TRAINING :
ISO 9001 ( System Manajemen Mutu )
ISO 14001 ( System Manajemen Lingkungan )
ISO 17025 ( System Manajemen Mutu Laboratorium )
ISO/TS 16949 ( System Manajemen untuk Otomotive )
ISO 22000 ( System Manajemen Keamanan Pangan )
SA 8000 ( Sistem Manajemen Ketenagakerjaan )
OHSAS 18001 ( System Manajemen K3)
• ISO 13485 ( Manufacturer ALat Bedah )
ISO 13488 ( Distribusi Alat Bedah )
HACCP & GMP ( Analisa Keamanan Pangan Industri Pangan )
FAMI QS ( Makanan ternak supaya tidak berbahaya )
• Human Resources Management
• 5 S ( Seiri Seiton Seiso Seiketsu Shitsuke)
• GKM
• Balance Scorecard
• Six Sigma
• Performance Management
• WRAP (Worldwide Responsible Apparel Production)
• Business Process Reengineering (BPR)
• MOtivasi
• Leadership
• Supervisory
• KPI
• TOT


VALUE ADDED / NILAI LEBIH Aryasentra Consulting :

1. Jaminan harga yang murah dibanding Konsultan Manajemen Bisnis lainnya
2. Dalam konsultasi ISO, Kami  Konsultan ISO satu -satunya yang berani memberikan Jaminan Kelulusan dan moneyback quarantee tanpa terkecuali yang tertuang dalam kontrak kerja
3. Tidak ada batasan peserta dalam pelaksanaan Training dan training bisa dilaksanakan pada hari libur sesuai keinginan client
4. Semua Dokumentasi sistem  kami yang akan menyusunnya
5. Satu-satunya Konsultan Manajemen Bisnis yang memberikan Audit sistem GRATIS  setelah selesai konsultasi. ( tidak dimiliki Konsultan Manajemen Bisnis lainnya )
6. Jasa Business Consulting Peraih penghargaan ” The Best Improvement Business Consulting Of The Year “ dalam ajang ” Indonesian Improvement Award 2016″
Untuk info lebih lanjut hubungi : 

PT. Arya Sentra Solusindo (Aryasentra Consulting) 

Telp: 021 – 2930 5166 ( Hunting )

Hp. 0812 9311 1959




SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN - ISO 14001


-->

Perkembangan industri dewasa ini telah menyebabkan krisis lingkungan dan energi. Bermula dari dampak industri inilah maka organisasi dan industri dituntut untuk meningkatkan pertanggungjawaban terhadap konservasi lingkungan. Berdasarkan kondisi ini, maka tuntutan peraturan dunia terhadap pertanggungjawaban organisasi dan industri dalam pengelolaan lingkungan menjadi meningkat. Konservasi lingkungan telah menjadi tuntutan dari pelanggan negara maju yang secara sadar melihat pentingnya perlindungan terhadap lingkungan dilaksanakan sejak dini untuk meminimalkan kerusakan lingkungan di masa depan, maka berdasarkana kesepakatan international pada tahun 1996 International Organization for Standardization meluncurkan suatu standard untuk mengelola lingkungan secara professional di dalam organisasi dan industri, standard tersebut disebut Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:1996. Namun melihat perkembangan industri dewasa ini, pada tahun 2003 dilakukan revisi terhadap system tersebut dan diluncurkan pada tahun 2004. Standard tersebut untuk selanjutnya disebut ISO 14001:2004.

ISO 14001:2004 dibangun atas dasar elemen – elemen yang menetapkan :
1. Spesifikasi aspect dan dampak lingkungan
2. Prosedur dan instruksi kerja yang akurat
3. Proses yang konsisten
4. Kesesuaian dengan tujuan dan target organisasi dalam meningkatkan kinerja lingkungan
5. Minimasi limbah
6. Keterkaitan dengan peraturan dan perundangan
7. Konsistensi hasil, kejujuran penerapan dan deskripsi produk yang cermat
8. Evaluasi kinerja
9. Kesehatan dan keselamatan pekerja
10. Komunikasi ke pihak – pihak terkait perlindungan lingkungan

ISO 14001:2004 adalah sistem manajemen yang dinamis, dimana dapat diterapkan bersama system manajemen mutu ISO 9001 dan dapat disesuaikan dengan dengan perubahan organisasi dan industri, perubahan peraturan / perundangan yang berlaku maupun perubahan ilmu dan teknologi.

Keuntungan dari penerapan sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2004 adalah :
1. Perlindungan lingkungan
2. Manajemen lingkungan yang lebih baik
3. Meningkatkan citra dan image perusahaan hubungan yang lebih baik dengan masyarakat sekitar
4. Meningkatkan daya saing perusahaan
5. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan
6. Menekan resiko yang membahayakan lingkungan dan pekerja
7. Menekan biaya produksi

Untuk Konsultasi ISO 14001 : 2004 Hubungi :
Yoyo Subagyo / Hp. 0815 9767636



ISO 9001 : 2008

SISTEM MANAJEMEN MUTU

ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Quality Management Systems (ISO 9001:2008) adalah Merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek - praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

Manfaat Penerapan ISO 9001:2008 adalah :

• Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
• Jaminan Kualitas Produk dan Proses
• Meningkatkan Produktivitas perusahaan & “market gain”
• Meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan
• Sebagai alat analisa kompetitor perusahaan
• Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
• Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk
• Meningkatkan komunikasi internal
• Meningkatkan image positif perusahaan
• Sistem terdokumentasi
• Media untuk Pelatihan dan Pendidikan

ISO 9001 : 2008 berisi standard / elemen yang memungkinkan organisasi / industry dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan ( Continual Improvement ) pada :

1. Proses yang terkait dengan pelangan
2. Sistem Kepemimpinan / Leadership
3. Manajemen sumber daya
4. Perbaikan dan peningkatan proses
5. Sistem manajemen
6. Sistem perbaikan yang berkesinambungan
7. Pengambilan keputusan yang Factual
8. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok

Untuk info lebih jelas hubungi :
yoyo subagyo
HP. 0815 9767636