Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, SOP, HR Consultant, Business Strategy, ISO

Arti sebuah kualitas Produk Konsultan Manajemen Bisnis: Arti sebuah kualitas Produk

Arti sebuah kualitas Produk


 Istilah "kualitas" memiliki arti relatif. kualitas bisa diartikan sebagai keseluruhan karakteristik produk dan jasa yang meliputi marketing, engineering, manufacture , dan maintenance, dimana produk dan jasa tersebut dalam pemakaianya akan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Dalam standard ISO definisi quality ( kualitas ) adalah Totalitas fitur dan karakteristik dari suatu produk atau jasa yang ditentukan pada kemampuannya untuk memberikan kepuasan dalam memenuhi sebuah kebutuhan yang di persyaratkan". Dengan kata sederhana, dapat dikatakan bahwa produk memiliki kualitas yang baik ketika sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Client. Bila diproyeksikan pada pekerjaan analitis, kualitas dapat didefinisikan sebagai pengiriman informasi yang dapat dipercaya dalam suatu rentang waktu yang disepakati dalam kondisi yang disepakati, dengan biaya yang disepakati, dan dengan maintenance yang diperlukan. Yang dimaksud dengan kondisi yang disepakati, harus mencakup spesifikasi untuk ketepatan dan keakuratan data yang berhubungan langsung dengan kesesuaian penggunaan dan yang mungkin berbeda untuk aplikasi yang berbeda. Banyak perusahaan yang tidak mampu mengevaluasi dan menjelaskan kualitas produk secara detail yang dihasilkan dikarenakan tidak adanya prosedur baku yang digunakan dalam proses bisnisnya dalam menghasilkan sebuah produk.

Sebagai contoh hal – hal yang dapat menjamin mutu dari sebuah produk barang diantaranya :
1.         SUMBER DAYA MANUSIA
            SDM yang dimiliki haruslah mempunyai :
- Kedisiplinan dalam bekerja sesuai dengan standar kerja yang telah ditetapkan.
- Bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan.
- Kemampuan/ keterampilan yang dimiliki sesuai dengan bidangnya
2.         FASILITAS/ MACHINE
- Jig/ Alat : Alat pendukung untuk mempermudah dalam proses produksi dengan hasil yang baik dan cepat.
- Machine : Mesin yang mempunyai mutu dan teknologi yang canggih akan mempercepat proses produksi dengan hasil yang berkualitas.
3.         METODE / CARA
- Standar Kerja : Aturan yang dibuat sebagai pedoman dalam bekerja.
- Control Quality : Suatu kegiatan control yang dilakukan dalam proses produksi untuk menghindari terjadinya penyimpangan yang lebih besar pada proses berikutnya.
- Perawatan : Penjadwalan perawatan pada alat (machine, Jig dan tools) secara berkala.
4.         MATERIAL/ BAHAN
- Direct Material Baik : Material /bahan baku yang sesuai dengan standar.
- Indirect Material Baik : Bahan pendukung yang sesuai dengan standar.
5.         ENVIRONMENT/ LINGKUNGAN
- Lay Out : Tata letak area kerja yang baik, aman dan nyaman mempermudah dalam bekerja.

Dalam menjaga dan mempertahankan kualitas produk, sebuah organisasi harus memperhatikan 3 aspek penting dalam menjaga kualitas sebuah produk,  baik barang maupun jasa agar produk yang dihasilkan benar-benar sesuai yang diharapkan, 3 hal tersebut antara lain yaitu :

1. Manajemen Mutu (QM)
2. Quality Assurance (QA)
3. Quality Control (QC)

1. Manajemen Mutu

Dalam standard ISO sistem manajemen mutu diatur dalam ISO 9001, dimana ISO 9001 adalah Quality Management System, atau sistem penjaminan mutu, yaitu mekanisme standar yang disusun, disepakati, dan diterapkan oleh suatu organisasi dalam menjalankan aktivitas suatu perusahaan. Sistem ISO 9001 secara jelas akan menjelaskan bagaimana perusahaan beroperasi. Bagaimana perkerjaan mengalir dari satu aktifitas ke aktifitas lain. Penanganan pekerjaan mulai dari customer, input ke dalam masing-masing proses, dan output yang dihasilkan dari setiap proses. Parameter-parameter fisik dari hasil pekerjaan, yang menentukan apakah hasil tersebut memenuhi prasayarat kualitas yang telah di tentukan dan disepakati atau belum. ISO 9001 sendiri memang dibuat untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001 ini menetapkan persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. Namun perlu di ingat bahwa ISO 9001 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar) dan mampu memenuhi kepuasan pelangan. Management Systems ISO 9001 Merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek - praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

2. Quality Assurance

Merupakan suatu sistem pengendalian kualitas yang terencana dan sistematis untuk menyakinkan pelanggan dalam memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam  pembuatan sebuah produk dari mulai input-proses sampai output sehingga didapatkan produk yang berkualitas. Elemen dalam QA antara lain  QC, Planning, organization for quality, established Procedure, supplier selection, Corrective Action, Document control, training, audite dan management review. QA lebih berperan sebagai analyst untuk memperbaiki mutu produk .Dalam sistem manajemen ISO  QA didefinisikan sebagai proses tindakan terencana dan sistematik yang diperlukan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa suatu produk, proses, atau jasa akan memenuhi persyaratan kualitas yang diberikan." Hasil dari tindakan ini ditujukan pada produksi kualitas, idealnya harus diperiksa oleh seseorang yang independen dari pekerjaan namun jika ada keterbatasan SDM  maka biasanya Kepala bagian melakukan pekerjaan ini sebagai bagian dari tugas manajemen kualitasnya. Dalam kasus proyek khusus, pelanggan mungkin memerlukan langkah-langkah jaminan kualitas khusus atau Rencana Mutu.


3. Quality Control

Hal yang sangat berpengaruh dalam jaminan kualitas adalah adanya fungsi Quality Control dalam  ISO Quality Control didefinisikan sebagai suatu bagian penting dari pengendalian kualitas serta menilai Kualitas. Quality Control Merupakan sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk memastikan  tingkat kualitas tertentu dalam suatu produk barang dan jasa yang dalam melaksanakan tugasnya Quality Control melakukan pengukuran terhadap produk/jasa yang dihasilkan. Kontrol kualitas terutama ditujukan pada pencegahan kesalahan. Quality Assurance & Quality Control terkadang diartikan suatu fungsi yang sama padahal berbeda, Quality Assurance tugas utamanaya adalah  memahami kebutuhan customer dan menentukan standar dan prosedur dari suatu produk/jasa. Di mana Quality Assurance mendapatkan data dari sample yang diberikan Quality Control maupun dari feedback customer. sedangkan Quality Control bertugas untuk melakukan pemeriksaan dan inspeksi langsung ke produk/jasa yang dihasilkan apakah sudah sesuai standar dan prosedur yang ditetapkan Quality Assurance.

Ada delapan dimensi kualitas yang perlu untuk diperhatikan oleh semua organisasi yang ingin mempunyai produk yang handal, yaitu :
(1) Kinerja (performance): karakteristik operasi suatu produk utama,
(2) Ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (feature),
(3) Kehandalan (reliability): probabilitas suatu produk tidak berfungsi atau gagal,
(4) Kesesuaian dengan spesifikasi (conformance to specifications),
(5) Daya Tahan (durability),
(6) Kemampuan melayani (serviceability)
(7) Estetika (estethic): bagaimana suatu produk dipandang dirasakan dan didengarkan
(8) Ketepatan kualitas yang dipersepsikan (perceived quality).

kesadaran terhadap sistem manajemen control yang baik sangalah penting dalam menciptakan sebuah kualitas, mempunyai acuan dan prosedur baku  ( SOP ) dalam setiap bisnis proses sangatlah menentukan kualitas/mutu dari sebuah produk., dengan ketersediaan acuan atau prosedur baku (  SOP ) disetiap proses bisnis tentunya akan memudahkan dalam mengendalikan serta pengawasan sehinggi mutu terjamin kualitasnya sesuai dengan keinginan pelanggan.

0 komentar: