Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, SOP, HR Consultant, Business Strategy, ISO

Konsultan Manajemen Bisnis: 2011 Apr 25

Manfaat dan pentingnya 5S untuk perusahaan

MANFAAT 5S / 5R
( SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE )

Salahsatu keberhasilan kinerja suatu perusahaan dinilai dari kondisi lingkungan ditempat kerja, perusahaan yang mempunyai kinerja yang buruk dapat dilihat dari situasi kerja yang tidak teratur, banyaknya barang riject arau rework, nilai absensi karyawan yang buruk dsb. Untuk menanggulangi hal tersebut supaya tidak terjadi di perusahaan adalah dengan cara menerapkan 5S / 5R, karna 5S / 5R merupakan sistem manajemen dalam memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di tempat kerja sekaligus meningkatan kinerja perusahaan secara menyeluruh. 5S / 5R merupakan indikator pertama untuk menilai baik dan buruknya kinerja sebuah perusahaan
Pada prakteknya penerapan 5S / 5R tidaklah sulit, tetapi banyak perusahaan / organisasi yang gagal menerapkan 5S / 5R ini, banyak fungsional perusahaan bahkan pimpinan yang tidak memahami makna dan tujuan sesungguhnya dari 5R/5S ini, Mereka beranggapan bahwa 5R/5S menjadi tanggung jawab karyawan saja. Padahal keberhasilan penerapan 5R /5S berhubungan dengan seluruh sumber daya manusia dalam organisasi, dari pimpinan puncak hingga perkerja paling bawah. Sikap dan budaya kerja yang baik dan bertanggung jawab harus dicerminkan dari level paling atas hingga level bawah di perusahaan /organisasi. 5R/5S tidak akan pernah berhasil diterapkan jika pimpinan sendiri tidak memberikan contoh yang baik dan benar dalam penerapannya.
Apakah 5R/5S itu?
Dalam bahasa jepang berarti seiri, seiton,seisi, seiketsu, shisuke. Dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai 5S yang berarti Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin. 5R/5S dirancang untuk menghindari pemborosan dengan mengutamakan perilaku positif dari setiap orang dalam perusahaan.

Seiri atau Ringkas
Berarti mengatur segala sesuatu, memilih sesuatu dengan aturan atau prinsip tertentu. Membedakan yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan, mengambil keputusan yang tegas dan menerapkan menejemen stratifikasi untuk membuang yang tidak diperlukan.
Seiton atau rapi
Berarti menyimpan barang pada tempat yang tepat dengan tata letak yang benar sehingga dapat dipergunakan dalam keadaan mendadak. Hal ini berguna untuk menghilangkan proses pencarian yang rumit, jika sesuatu disimpan di tempatnya maka tempat akan kelihatan rapi dan memudahkan dalam setiap pencarian sesuatu.
Seiko atau Resik
Berarti membersihkan barang – barang dari kotoran atau tempat kerja dari barang- barang yang tidak diperlukan

Seiketsu atau Rawat
Berarti memelihara serta merawat barang-barang sehingga tahan lama dan awet untuk digunakan, jika kita bisa merawat dan memelihara barang-barang dengan baik maka jelas efisiensi perusahaan akan tercapai dan manfaatnya bisa dirasakan bersama.
Shisuke atau Rajin
Berarti pelatihan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan cara yang benar sebagai suatu kebiasaan.

Keuntungan penerapan 5R/5S :
  1. Menciptakan tempat kerja yang baik dengan prinsip Kaizen / Contiual Improvement ( berkesinambungan )
  2. 5R/5S sebagai barometer manajemen perusahaan yang lancar dikendalikan oleh setiap orang
  3. Perusahaan sebagai alat penjualan: promosi bukan dengan kata-kata tetapi dengan bukti di lingkungan tempat kerja
  4. 5R/5S sebagai ilmu perilaku, perbuatan lebih menyakinkan daripada kata-kata
  5. Menggunakan pengalaman di perusahaan untuk membersihkan batin; mengubah cara berpikir dan perilaku pribadi
  6. menggugah tanggung jawab setiap orang ditempat kerja
  7. 5R/5S sebagai falsafah manajemen
  8. 5R/5S sebagai sasaran utama produktifitas

Untuk Konsultasi & Pelatihan tentang 5S bisa hubungi:
Yoyo Subagyo / 08159767636