Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, SOP, HR Consultant, Business Strategy, ISO

Cara membangun sistem Holding Company Konsultan Manajemen Bisnis: Cara membangun sistem Holding Company

Cara membangun sistem Holding Company

Dalam Pengembangan bisnis dan untuk menguatkan jaringan bisnis banyak strategi yang dilakukan oleh banyak perusahaan di Indonesia, salah satu strategi yang banyak digunakan adalah dengan mengunakan konsep  strategi diversifikasi ( Diversification Strategy ), baik diversifikasi konsentris, horizontal maupun diversifikasi konglomerasi.  Dari berbagai konsep strategi tersebut banyak pilihan jatuh pada konsep strategi diversifikasi konglomerasi, dan untuk mendorong agar strategi konglomerasi ini lebih efektif serta sasaran dan target yang diinginkan tercapai maka membentuk Holding Company ( perusahaan Induk ) adalah cara yang tepat. Kenapa holding company?
Karna dengan membuat Holding Company suatu perusahaan mampu membangun, mengendalikan, mengelola, mengkonsolidasikan serta mengkoordinasikan aktivitas dalam sebuah lingkungan multibisnis. Namun demikian jika holding company tidak dikelola dan di manage secara baik keberadaan holding company justru akan menjadi beban dan akan menjadi batu sandungan dalam pengembangan sayap bisnis baik untuk induk perusahaan maupun anak perusahaannya, oleh karena itu sinergi dan saling memberikan support diantara perusahaan yang tergabung dalam Holding Company adalah kunci demi terwujudnya target dan sasaran yang diinginkan.
Apa Keuntungan membentuk Holding Company?
Dengan membentuk holding company, banyak keuntungan yang diperoleh diantaranya :
-             Sistem control, monitoring dan evaluasi mudah dilakukan
-             Kemandirian Risiko
-             Optimalisasi sumber daya
-             Operasional yang lebih efektif
-          Standarisasi system yang seragam sehingga memudahkan dalam system controlling dan monitoring
-             Kemudahan dalam sumber modal
-   Kemudahan dalam memilih portfolio bisnis terbaik demi efektivitas investasi yang ditanamkan
-    Memudahkan dalam menetapkan program serta strategi pada masing-masing anak perusahaan sehingga mampu merebut pasar
-        Terbangunnya kerjasama yang baik diantara anak2 perusahaan sehingga mampu saling memberikan support demi tercapainya target yang ditetapkan.

Hal apa saja yang terpenting dan harus diperhatikan dalam pembentukan Holding Company ?
Dalam pembentukan Holding Company hal terpenting dan harus diperhatikan adalah :

  1. Lakukan analisa menyeluruh dari berbagai aspek yang mendukung suksesnya holding company
  2. Menetapkan target, sasaran yang ingin dicapai dengan membangun konsep dan strategi yang jelas
  3. Membangun sistem manajemen yang terintegrasi sebagai acuan bagi anak perusahaan. System ini sangatlah penting guna memudahkan dalam sistem pemantuan, pengukuran, dan pengendalian

Kami sebagai konsultan  strategi berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan siap membantu bapak/ibu dalam membentuk holding company, kami mempunyai mekanisme pendekatan yang berbeda dibanding konsultan strategi lainnya sehingga memudahkan Business Owner dalam mewujudkan terbentuknya holding company serta membantu dalam menyusun konsep, strategi dan development system yang digunakan dalam holding company.

0 komentar: