Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, SOP, HR Consultant, Business Strategy, ISO

Konsultan Analisa Jabatan | PENTINGNYA ANALISIS JABATAN DALAM SISTEM MANAJEMEN KINERJA Konsultan Manajemen Bisnis: Konsultan Analisa Jabatan | PENTINGNYA ANALISIS JABATAN DALAM SISTEM MANAJEMEN KINERJA

Konsultan Analisa Jabatan | PENTINGNYA ANALISIS JABATAN DALAM SISTEM MANAJEMEN KINERJA

PENTINGNYA ANALISIS JABATAN DALAM  SISTEM MANAJEMEN KINERJA

Mempunyai tenaga kerja Terampil, Profesional, berprestasi merupakan dambaan setiap perusahaan. Kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM) sangat menentukan kinerja dan pengembangan perusahaan dimasa datang. Kesadaran akan arti penting kualitas dan produktivitas SDM akan mampu membawa perusahaan dalam persaingan usaha yang semakin ketat seperti sekarang ini. Oleh karnanya dibutuhkan suatu system Manajemen Kinerja yang mampu mendeteksi dan melihat kualitas dari para SDM yang dimiliki, sehingga dalam penempatan SDM pada suatu departemen / divisi itu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki . System Manajemen Kinerja dapat menjadi sumber untuk pengelolaan SDM di perusahaan dimana hasil yang akan didapat adalah bisa membantu perusahaan untuk merencanakan dan melaksanakan program – program lain dengan lebih tepat, cepat dan efektif.

Sumber daya yang terampil & kompeten yang dimiliki oleh suatu perusahaan merupakan kunci sukses daripada tumbuh kembangnya sebuah perusahaan. Oleh karenanya dibutuhkan suatu sistem yang baik sehingga tidak salah orang dalam memberikan wewenang & tanggung jawab atas suatu jabatan yang diembannya. Sebelum seseorang menduduki sebuah jabatan dan mampu melaksanakan tugas & fungsinya dengan baik diperlukan sistem yang mampu mengindentifikasi terhadap lingkup pekerjaan, apa saja yang harus dilakukan, bagaimana melakukan pekerjaan tersebut dan yang lebih penting menentukan/ memilih SDM yang layak menduduki jabatan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut suatu perusahaan haruslah memiliki standard-standard pekerjaan yang baku yang mampu mengindentifikasi kriteria ketrampilan, pendidikan, dan pengalaman yang dibutuhkan. Hal yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan/organisasi dalam mengindentifikasi atau mengetahui jenis pekerjaan, apa saja yang harus dikerjakan serta SDM yang seperti apa yang tepat melakukan pekerjaan itu dibutuhkan suatu analisis pekerjaan atau biasa disebut dengan ANALISA JABATAN. Analisa jabatan merupakan cara yang sistematis yang mampu mengindentifikasi serta menganalisa persyaratan apa saja yang diperlukan dalam sebuah pekerjaan serta personel yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan sehingga SDM yang dipilih mampu melaksanakan pekerjaan itu dengan baik. Dari hasil analsisa Jabatan tersebut maka perusahaan akan mampu menentukan karateristik seperti apa yang harus dimiliki calon pegawai sebelum menduduki sebuah jabatan, biasanya outputnya berupa spesifikasi jabatan dan deskripsi pekerjaan atau yang biasa disebut jobdesc. Dimana dalam jobdesc tersebut memuat tugas, fungsi, wewenang & tanggung jawab seorang pegawai. Sedangkan dalam spesifikasi jabatan memuat siapa yang akan melakukan pekerjaan tersebut serta apasaja persyaratan yang dibutuhkan terutama yang menyangkut masalah skill individu.

Untuk  Jasa Konsultan ANALISA JABATAN , dapat menghubungi :
Bp. Yoyo Subagyo / Hp. 08159767636

0 komentar: