Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, SOP, HR Consultant, Business Strategy, ISO

Jasa Konsultan SOP | Pentingnya SOP untuk pengembangan Bisnis Konsultan Manajemen Bisnis: Jasa Konsultan SOP | Pentingnya SOP untuk pengembangan Bisnis

Jasa Konsultan SOP | Pentingnya SOP untuk pengembangan Bisnis

Seperti yang saya tuliskan di postingan sebelumnya bahwa bicara  bisnis tidak hanya bicara keuntungan semata, namun bicara bisnis tidak bisa dilepaskan dengan sistem manajemen, dengan sistem manajemen yang baik dalam pengelolaannya maka bisnis akan berjalan dan berkembang sesuai dengan yang diinginkan. Bisnis akan berpeluang  berkembang lebih cepat  dengan sistem manajemen yang baik dibanding dengan yang tidak dibangun dengan sistem, ketika bisnis hanya berorientasi pada keuntungan semata maka bisnis tersebut  ibarat balon, ia mungkin bisa besar namun rapuh. Untuk mengembangkan sebuah bisnis dibutuhkan strategi dan didukung oleh sistem manajemen yang baik, namun demikian perlu di sadari bahwa tidak semua bisnis itu bisa dikembangkan. Terkadang dalam berbisnis ekspetasi manusia terlalu jauh namun tidak disadari bahwa sebenarnya orang terjebak pada ekspetasinya sendiri. Hal ini dikarenakan ekspetasi merupakan alam ideal manusia semua serba indah sedangkan dalam berbisnis itu berada dalam alam nyata dimana semua ditentukan oleh bagaimana cara memperlakukannya. 

Disinilah peran standard operating prosedur ( SOP ), jika SOP diterapkan dengan baik dan benar serta menjadi acuan kerja yang baku akan  mampu mendongkrak kinerja dalam pengembangan bisnis karna dengan adanya SOP business proses akan lebih tertata rapi, teratur, efektif dan efisien; Bisnis yang dikelola seperti inilan yang berpotensi berkembang sesuai yang diinginkan.

Ada beberapa persyaratan bisnis yang berpotensi bisa dikembangkan, diantaranya:
1.    Bisnis yang mempunyai konsep Diferensiasi , yaitu bisnis  yang berbeda dan  memiliki ciri khas atau keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.
2.      Sistem manajemen / pengelolaannya mengunakan sarana modern, bukan one man show
3.    Memiliki Visi Misi yang jelas dan mampu menterjemahkan dan mengimplemetasikan dalam tindakan sehari-hari.


Beberapa hal diatas kelihatan sederhana namun tak mudah  untuk dijalankan, seperti contoh konsep diferensiasi, ketika dalam berbisnis sudah mempunyai konsep itu ternyata pada perkembangannya banyak kompetitor yang mengikuti maka yang akan terjadi adalah sebuah persaingan yang kotor dan akan terjebak pada bisnis latah yang sangat merugikan. Tidak mudah mewujudkan bisnis dengan konsep diferensiasi, apalagi pelaku bisnis tidak menguasai penuh proses dari hulu ke hilir. Bisnis yang mempunyai konsep Diferensiasi harus menguasai business proses yang baik dan proses pembangunannya dibutuhkan kecerdasan luar biasa dalam membaca peluang. Sekarang untuk syarat kedua yaitu mengunakan sistem manajemen/ pengelolaannya mengunakan sarana modern, di sinilah peran inti SOP, karna Sebuah bisnis tanpa adanya sebuah standar baku dalam pengelolaannya pasti tidak memiliki keunggulan kompetitif, Dengan SOP lah keunggulan kompetitif itu bisa diwujudkan. Jika bisnis mempunyai konsep Diferensiasi kemudian kompetitor mengikutinya atau menirunya maka satu-satunya cara adalah membuat sistem manajemen bisnis yang membuat bisnis anda unggul. SOP merupakan Jantungnya dalam pengelolaan bisnis, kenapa demikian? Logikanya begini, ketika kompetitor mengikuti cara kita maka mereka kebanyakan hanya meniru produk kita saja namun mereka tidak memiliki sistem manajemen yang baik dalam pengelolaan bisnisnya karna kebanyakan dari mereka pasti terfokus pada produk dan ketika mereka terfokus pada produk maka otomatis sistem pengelolaannya pun masih one man show atau ala kadarnya. Kita harus lebih maju dalam ketersediaan sistem manajemen karna sistem manajemen yang baiklah yang akan menarik minat banyak calon customer untuk mengunakan produk kita,  hal ini dikarenakan adanya jaminan kualitas dan pelayanan yang maksimal karna ketersediaan sistem manajemen kita yang baik. Terahir syarat yang ketiga yaitu memiliki visi misi yang jelas dan mampu menterjemahkan visi misi tersebut dalam tindakan sehari-hari. Visi misi dibuat untuk kejelasan tujuan berbisnis agar bisnis bisa menguasai pasar untuk produk yang dijual. Salah satu cara menterjemahkan visi misi dalam kegiatan sehari-hari adalah membangun sistem SOP dalam operasional bisnisnya. Ketika di masing-masing fungsi dan bagian dalam bisnis sudah tersedia prosedur baku ( SOP ) Hal ini tentu akan membantu dan mempercepat dalam mencapai visi misi. Karna dengan SOP semua kegiatan aktifitas operasional dapat terkendali dan terpantau dengan baik dan hal ini akan lebih menjadikan proses bisnis berjalan lancar dan mudah dikendalikan.  Sebuah bisnis akan tumbuh berkembang dengan baik ketika didalamnya terbangun sistem manajemen yang baik, namun demikian perlu diingat sebagus apapun sistem manajemen yang dibuat tanpa ada komitmen yang baik maka semuanya akan jadi sia-sia.
semoga bermanfaat & sukses selalu!!

0 komentar: