Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, SOP, HR Consultant, Business Strategy, ISO

Jasa Konsultan HR | Pentingnya Human Resource Information System (HRIS) Konsultan Manajemen Bisnis: Jasa Konsultan HR | Pentingnya Human Resource Information System (HRIS)

Jasa Konsultan HR | Pentingnya Human Resource Information System (HRIS)

Semakin ketatnya persaingan bisnis di era global ini dalam mengelola perusahaan, mempunyai sistem manajemen yang baik adalah hal yang utama dan wajib dijadikan pondasi dasar sebuah perusahaan jika ingin kuat dan terus berkembang menjadi perusahaan yang unggul dibidangnya. Salahsatu sistem yang wajib menjadi prioritas perusahaan  adalah sistem manajemen SDM, ketersediaan Sistem informasi SDM yang dimiliki sangatlah penting karna dengan sistem informasi SDM / Human Resource Information System (HRIS)  dapat mendukung bisnis menjadi lebih produktif, efisien, dan membantu manajemen dalam menyediakan informasi untuk melakukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Human Resource Information System (HRIS) atau Sistem Informasi Sumber Daya Manusia merupakan sebuah sistem terintegrasi manajemen SDM dengan sistem IT dimana Human Resource Information System (HRIS) ini utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktifitas-aktifitas Manajemen SDM seperti dalam hal perencanaan dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP). Dengan memiliki Human Resource Information System (HRIS)  maka manajemen perusahaan akan terbantu dalam hal sistem pengelolaan dan pengembangan serta perencanaan sistem informasi Sumber Daya Manusia berbasis Otomasi sebagai penunjang pendataan manajemen informasi berdasarkan kebutuhan perusahaan. Human Resource Information System (HRIS) memberikan informasi tentang apa saja yang diperlukan oleh perusahaan untuk melacak dan menganalisis tentang karyawan, mantan karyawan sampai calon karyawan yang akan di reckrut.  


Dalam Human Resource Information System (HRIS) data yang dimasukan adalah data sistem kepegawaian yang mencakup proses – proses  seperti :


1. Perencanaan Sumber Daya Manusia

2. Administrasi Personalia

3. Penggajian, Kompensasi dan Benefit

4. Kinerja Personel

5. Pendidikan dan Pelatihan

6. Pemutusan Hubungan Kerja/Pensiun

Manfaat menerapkan system informasi SDM / Human Resource Information System (HRIS)   adalah :

1. Memudahkan dalam Memeriksa kapabilitas karyawan-karyawan guna mengisi kekosongan pada suatu bagian/jabatan
2. Guna Menggambarkan pekerjaan-pekerjaan yang spesifik atau kelas-kelas pekerjaan yang  mempunyai tingkat perputaran, pemecatat, ketidakhadiran, kinerja, dan masalah yang tinggi yang melebihi kadar normal.
3.   Pedoman untuk   recruitment,  seleksi,  pelatihan,  dan pengembangan karyawan  agar tidak salah dalam memposisikan karyawan /  right man in the right place.  
4.  Mempermudah dalam sistem Perencanaan dan pengembangan karyawan untuk sistem karirnya
5.   memudahkan sistem pelaporan terkait masalah sistem kompensasi karyawan yang menyangkut masalah sistem gaji serta benefit lain yang diperoleh karyawan
6.   Sebagai acuan penilaia kebutuha pelatihan karyawan   untuk   menganalisi kerja   individu   dan menentuka karyawan-karyawan  mana  yang  memerlukan  pelatihan  lebih lanjut.

SMOGA BERMANFAAT!!

0 komentar: